Saifudin
Teknik
Dasar Motor Diesel
FAKULTAS
TEKNIK
POLITEKNIK
NEGERI MALANG
2007
KATA
PENGANTAR
Modul
TEKNIK
DASAR MOTOR DIESEL digunakan
sebagai panduan kegiatan belajar untuk membentuk salah satu
kompetensi, yaitu : Mengoperasikan Peralatan Pendukung. Modul ini
dapat digunakan untuk peserta diklat Program Keahlian Teknik
Transmisi, Teknik Suitsing, dan Teknik Jaringan Akses Pelanggan.
Modul
ini memberikan latihan untuk mempelajari prinsip kerja mesin diesel
sebagai penggerak generator listrik. Modul ini terdiri atas lima
kegiatan belajar. Kegiatan belajar 1 membahas tentang konstruksi dan
prinsip kerja mesin diesel sebagai penggerak generator listrik.
Kegiatan belajar 2 membahas tentang sistem katup, sistem pemasukan
udara dan pembuangan gas sisa pembakaran pada mesin diesel. Kegiatan
belajar 3 membahas tentang sistem pelumasan dan sistem bahan bakar,
dan Kegiatan belajar 4 membahas tentang system pendinginan mesin
diesel.
Malang,
Desember 2007
Penyusun.
Tim
Fakultas Teknik
Politeknik
Negeri Malang
PERISTILAHAN
/ GLOSSARY
Air
Cleaner yaitu
salah satu komponen motor diesel yang berfungsi untuk menyaring atau
membersihkan udara yang dihisap ke dalam selinder saat langkah hisap.
Deep
Stick yaitu
tangkai atau tongkat pengukur yang mengindikasikan jumlah minyak
pelumas dalam panci oli (Carter) saat mesin dalam keadaan dingin.
Deep stick ini menyatu dengan tutup saluran pengisian oli pelumas.
Dekompresi
yaitu
pengurangan tekanan kompresi dengan cara membuka salah satu katup
untuk membocorkan tekanan udara pada saat langkah kompresi.
Ignition
Delay yaitu
selisih antara waktu terjadinya pembakaran maksimal dengan waktu saat
bahan bakar mulai disemprotkan, atau lebih sering disebut
keterlambatan pembakaran.
Injektor
(nozzle) yaitu
salah satu bagian dari sistem bahan bakar motor diesel yang berfungsi
untuk mengabutkan (menyemprotkan) bahan bakar ke dalam selinder
(ruang bakar).
Knalpot
(muffler) yaitu
bagian dari sistem pengeluaran / pembuangan gas sisa pembakaran yang
berfungsi untuk menyalurkan gas sisa ke udara luar sekaligus sebagai
peredam suara akibat tekanan eksplosif pembakaran yang turut terbawa
pada aliran gas buang.
Knocking
: yaitu
suara ketukan yang berasal dari dalam selinder (ruang bakar) saat
motor bekerja (saat pembakaran) sebagai akibat dari proses pembakaran
yang tidak teratur.
Mekanisme
Governor yaitu
mekanisme sistem bahan bakar motor diesel yang berfungsi untuk
mengatur dan menyesuaikan intensitas bahan baker yang dipompakan ke
injector sesuai dengan kondisi kerja (beban) motor.
Oil
Film yaitu
lapisan tipis minyak pelumas (oli) yang terbentuk pada permukaan dua
komponen motor yang saling bersinggungan.
Over
Lap Katup yaitu
suatu keadaan atau saat dimana kedua katup (katup masuk dan katup
buang) dalam keadaan terbuka secara bersamaan. (lihat pada gambar. 3
halaman 9, over lap katup ditunjukkan oleh daerah A-D).
Pelumas
Multigrade yaitu
minyak pelumas yang tingkat kekentalannya tidak terpengaruh oleh
perubahan temperatur.
Relief
Valve yaitu
katup yang berfungsi untuk mencegah kelebihan tekanan bahan bakar
pada pipa saluran tekanan tinggi, sehingga kelebihan tersebut akan
disalurkan kembali ke tangki bahan bakar.
Roda
Gila (fly wheel) yaitu
salah satu komponen motor diesel generator yang berfungsi sebagai
penyeimbang putaran motor (balancer) sekaligus penyimpan tenaga putar
yang dihasilkan oleh putaran poros engkol, sehingga poros engkol
dapat berputar terus guna manghasilkan langkah usaha kembali
(kesinambungan kerja).
TMA
(titik mati atas) yaitu
titik terjauh yang dapat dijangkau oleh puncak torak (piston) dimana
antara jari-jari poros engkol dan batang torak membentuk satu garis
lurus.
TMB
(titik mati bawah) yaitu
titik terdekat yang dapat dicapai oleh puncak torak jika ditinjau
dari jaraknya terhadap titik pusat poros engkol.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar