Sabtu, 23 Februari 2013

Halaman awal

Saifudin





Teknik Dasar Motor Diesel



FAKULTAS TEKNIK
POLITEKNIK NEGERI MALANG
2007


KATA PENGANTAR


Modul TEKNIK DASAR MOTOR DIESEL digunakan sebagai panduan kegiatan belajar untuk membentuk salah satu kompetensi, yaitu : Mengoperasikan Peralatan Pendukung. Modul ini dapat digunakan untuk peserta diklat Program Keahlian Teknik Transmisi, Teknik Suitsing, dan Teknik Jaringan Akses Pelanggan.
Modul ini memberikan latihan untuk mempelajari prinsip kerja mesin diesel sebagai penggerak generator listrik. Modul ini terdiri atas lima kegiatan belajar. Kegiatan belajar 1 membahas tentang konstruksi dan prinsip kerja mesin diesel sebagai penggerak generator listrik. Kegiatan belajar 2 membahas tentang sistem katup, sistem pemasukan udara dan pembuangan gas sisa pembakaran pada mesin diesel. Kegiatan belajar 3 membahas tentang sistem pelumasan dan sistem bahan bakar, dan Kegiatan belajar 4 membahas tentang system pendinginan mesin diesel.

Malang, Desember 2007
Penyusun.
Tim Fakultas Teknik
Politeknik Negeri Malang



PERISTILAHAN / GLOSSARY

Air Cleaner yaitu salah satu komponen motor diesel yang berfungsi untuk menyaring atau membersihkan udara yang dihisap ke dalam selinder saat langkah hisap.

Deep Stick yaitu tangkai atau tongkat pengukur yang mengindikasikan jumlah minyak pelumas dalam panci oli (Carter) saat mesin dalam keadaan dingin. Deep stick ini menyatu dengan tutup saluran pengisian oli pelumas.

Dekompresi yaitu pengurangan tekanan kompresi dengan cara membuka salah satu katup untuk membocorkan tekanan udara pada saat langkah kompresi.

Ignition Delay yaitu selisih antara waktu terjadinya pembakaran maksimal dengan waktu saat bahan bakar mulai disemprotkan, atau lebih sering disebut keterlambatan pembakaran.

Injektor (nozzle) yaitu salah satu bagian dari sistem bahan bakar motor diesel yang berfungsi untuk mengabutkan (menyemprotkan) bahan bakar ke dalam selinder (ruang bakar).

Knalpot (muffler) yaitu bagian dari sistem pengeluaran / pembuangan gas sisa pembakaran yang berfungsi untuk menyalurkan gas sisa ke udara luar sekaligus sebagai peredam suara akibat tekanan eksplosif pembakaran yang turut terbawa pada aliran gas buang.

Knocking : yaitu suara ketukan yang berasal dari dalam selinder (ruang bakar) saat motor bekerja (saat pembakaran) sebagai akibat dari proses pembakaran yang tidak teratur.

Mekanisme Governor yaitu mekanisme sistem bahan bakar motor diesel yang berfungsi untuk mengatur dan menyesuaikan intensitas bahan baker yang dipompakan ke injector sesuai dengan kondisi kerja (beban) motor.
Oil Film yaitu lapisan tipis minyak pelumas (oli) yang terbentuk pada permukaan dua komponen motor yang saling bersinggungan.

Over Lap Katup yaitu suatu keadaan atau saat dimana kedua katup (katup masuk dan katup buang) dalam keadaan terbuka secara bersamaan. (lihat pada gambar. 3 halaman 9, over lap katup ditunjukkan oleh daerah A-D).

Pelumas Multigrade yaitu minyak pelumas yang tingkat kekentalannya tidak terpengaruh oleh perubahan temperatur.

Relief Valve yaitu katup yang berfungsi untuk mencegah kelebihan tekanan bahan bakar pada pipa saluran tekanan tinggi, sehingga kelebihan tersebut akan disalurkan kembali ke tangki bahan bakar.

Roda Gila (fly wheel) yaitu salah satu komponen motor diesel generator yang berfungsi sebagai penyeimbang putaran motor (balancer) sekaligus penyimpan tenaga putar yang dihasilkan oleh putaran poros engkol, sehingga poros engkol dapat berputar terus guna manghasilkan langkah usaha kembali (kesinambungan kerja).

TMA (titik mati atas) yaitu titik terjauh yang dapat dijangkau oleh puncak torak (piston) dimana antara jari-jari poros engkol dan batang torak membentuk satu garis lurus.

TMB (titik mati bawah) yaitu titik terdekat yang dapat dicapai oleh puncak torak jika ditinjau dari jaraknya terhadap titik pusat poros engkol.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar